menghilangkan bekas jerawat

Perawatan untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

beauty

Memang jerawat tak meninggalkan bekas pada area kulit wajah. Tentu ini bisa mengganggu penampilan. Menghilangkan bekas jerawat kulit akan tampak lebih mulus dan bersih. Berikut cara-cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa di lakukan.

Ada tiga jenis bekas jerawat yang tergolong umum, yaitu rolling, boxcar, ice pick. Apabila rolling membuat kulit wajah menjadi bergelombang serta tidak rata, maka bekas jerawat pada ice pick membuat kulit menjadi berlubang, seakan-akan tertusuk dengan benda tajam. Sementara, bekas jerawat boxcar akan membuat cekungan besar dalam bentuk oval atau lingkaran.

Jenis-Jenis Perawatan untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Untuk menghilangkan bekas jerawat, Anda tak perlu khawatir, karena kini sudah tersedia beragam cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa Anda lakukan dan pilih. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan terapi, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter pada bidang ahlinya.

  • Perawatan laser dan filler injection

Dermatolog bisa digunakan dengan tekonologi laser fractional untuk merangsang pembentukan dari kolagen kulit sehingga pada permukaan kulit dengan bekas jerawat tampak lebih rata.

Ada dua jenis perawatan dengan menggunakan laser, yaitu dengan ablatif dan non-ablatif.

Perawatan ablatif yaitu dengan cara menembakan laser pada bekas jerawat sehingga pada permukaan kulit tampak lebih halus. Sedangkan non-ablatif membuat produksi menjadi aktif dari kolagen tanpa mengganggu permukaan kulit.

Untuk suntikan filler bisa membantu mengisi pada cekungan bekas jerawat dalam. Hanya, suntikan ini pada umumnya memerlukan beberapa kali pengulangan.

  • Dermabrasi

Tujuan dilakukannya dermabrasi ialah sebagai pengangkatan pada lapisan paling atas pada kulit dengan menggunakan alat khusus/ laser. Setelah perawatan, wajah Anda akan tampak bengkak dan memerah namun dengan seiring waktu maka wajah Anda akan membaik. Tindakan ini bisa sekaligus menyamarkan bekas jerawat yang ada dari sebelumnya.

  • Punch Techniques
Baca Juga :  Tutorial Rambut: Kepang Simpel

Teknik ini sangat tepat diupayakan untuk menghilangkan bekas jerawat jenis boxcar dan ice pick. Untuk bekas jerawat ice pick ringan bisa dengan menggunakan teknik sayatan-sayatan kecil yang berguna untuk mengangkat  bekas jerawat dan menutup lukanya, sehingga bisa tumbuh kulit baru yang lebih halus dan rata.

Sementara untuk bekas jerawat ice pick dalam, bisa diatasi dengan sebuah teknik pengcangkokan yaitu dengan mengangkat bekas jerawat, setelah itu bisa dilakukan pengisian cekungan dengan potongang-potongan kulit yang diambil dari beberapa bagian tubuh lain, seperti pada belakang telinga.

  • Subcision

Subcisiun ini cocok dengan bekas jerawat rolling. Lapisan kulit teratas diangkat pada jaringan bawah jerawat, sehingga menimbulkan keluarnya darah dan menimbulkan luka yang memenuhi area tersebut. Gumpalan darah itu akan membuat jaringan ikat serta membantu mendorong pada bekas luka. Hal ini mungkin menjadikan kulit wajah Anda menjadi rata. Subscision biasa diikuti dengan perawatan lain seperti perawatan laser dan dermabrasi.

Tips Perawatan untuk Mencegah Bekas Jerawat

Menghilangkan bekas-bekas jerawat bisa dilakukan sendiri di rumah. Yaitu dengan mengurangi jerawat dan kerusakan yang diakibatkan pada kulit dengan mengikuti cara-cara di bawah ini:

  1. Pilih pembersih khusus untuk kulit berjerawat.
  2. Bersihkan wajah secara lembut.
  3. Produk dengan bebas minyak.
  4. Tabir surya.
  5. Hindari kebiasaan buruk.

Untuk menghilangkan bekas jerawat mungkin memerlukan waktu yang tidak lama. Penting bagi Anda untuk menjalani proses-proses perawatan dengan sabar dan disiplin. Selalu konsultasikan dengan dokter terpecaya dari spesialis kulit untuk pilihan perawatan yang tepat.

Pastikan untuk mencari terlebih dahulu informasi sebanyak mungkin dari berbagai sumber yang benar, terkait dengan prosedur perawatan kulit, termasuk juga risiko komplikasi dan juga efek samping.