jerawat nasi

Mengatasi Jerawat Nasi yang Membandel

beauty

Duh, sebel ya kalau ada jerawat muncul di wajah? Ditutup dengan conclear pun masih terlihat. Apalagi, jumlahnya banyak semacam jerawat nasi. Duh, rasanya sesak. Makanya, sebelum pasukan jerawat menginvansi wajah, sebaiknya lakukan langkah-langkah pencegahan sebagai berikut ini agar penyebab bruntusan atau munculnya jerawat dalam jumlah banyak, datang.

  1. Kenali jenis kulit

Jerawat suka muncul di berbagai jenis kulit. Mulai jenis yang kering hingga complicated. Mengingat setiap jenis kulit membutuhkan jenis perawatan yang berbeda, maka demikian halnya dengan jerawat yang datang. Memerlukan perawatan yang berbeda untuk setiap jenis kulitnya. Misalnya, kulit berminyak tidaklah bermasalah memakai produk anti jerawat yang memiliki kadar keras. Namun, akan bermasalah jika produk tersebut digunakan untuk jenis kulit kering.

  1. Pakai produk facial foam dengan pH bagus

pH adalah istilah yang digunakan untuk mengetahui skala derajat keasaman atau kebasaan suatu larutan. pH sendiri ini memiliki nilau ukur mulai dari 0 hingga skala 14. Titik tengahnya, yaitu angkat 7, digunakan untuk menunjukkan bahwa pHnya netral. Jika kurang dari 7, maka disebut asam. Sedang pH yang lebih dari 7, disebut basa.

Kulit wajah secara alami memiliki pH asam, sehingga pertumbuhan bakteri baik dapat terjaga. Namun, jika pH berubah menjadi basa, maka masalah kulit pun datang. Misalnya, ya jerawat. Untuk itu, memakai facial foam dengan pH normal atau asam lemah, sangat disarankan. Sehingga, kelembapan, dan kesehatan kulit wajah secara alami dapat terjaga.

  1. Pakai skincare

Hati-hati memakai skincare. Meskipun memiliki kandungan yang baik, tidaklah pasti satu skincare cocok untuk satu jenis kulit. Jadi, sebaiknya, apapun jenis kulitnya, pastikan bahan skincarenya aman dan tidak mengubah pH kulit. Sehingga, selain dapat menyerap manfaat serta kebaikan dari skincare, kulit wajah juga terjaga kesehatannya secara alami.

  1. Pakai make up secukupnya
Baca Juga :  Cara Make Up Sederhana Mudah dan Natural

Sel-sel kulit membutuhkan ruang untuk mengeluarkan keringat dan kotoran dari pori-pori. Namun, jika kulit ketutupan make up, maka jerawatlah yang muncul. Oleh karena itu, untuk menghindari jerawat maupun meminimalisis jumlah jerawat, sebaiknya pakai make up harian yang natural. Jika memang membutuhkan jenis heavy make up, maka segera bersihkan dengan baik dan pastikan bersih sempurna setelah selesai. Agar, sisa-sisanya tidak menyumbat pori-pori dan memicu datangnya jerawat.

  1. Sterilkan tangan ketika menyentuh wajah

Tangan adalah penghantar dari banyak jenis kuman. Olah karena itu, sebelum menyentuh wajah, entah hanya untuk membubuhkan serum, menggaruk, membetulkan bulu mata atau lainnya, pastikan dalam kondisi bersih dan steril.

Ada banyak produk kebersihan tangan yang bisa dipakai secara instan dan meminimalisir jumlah kuman yang ada di tangan. Sehingga, rajinlah membawa anti septic cair yang dapat digunakan secara instan untuk tangan. Agar, penularan kuman dari tangan tidak berpindah ke wajah.

  1. Kosumsi makanan dengan gizi seimbang

Asupana makan yang masuk, juga memepengaruhi kedatangan jerawat nasi. Lantaran, jika sistem imun bekerja baik, ditunjang dengan asupan nutrisi yang baik, maka dapat menghalau datangnya jerawat. Oleh karena itu , perhatikan menu makanan, paling tidak memenuhi kreteri berikut ini.

  1. Ada sumber karbohidrat, misalnya nasi, kentang dan jagung.
  2. Ada sumber protein hewani, misalnya telur, ikan dan daging ayam.
  3. Ada sumber protein nabati, misalnya brokoli dan jamur.
  4. Ada sumber lemak, misalnya VCO (Virgin Coconut Oil).
  5. Ada sumber vitamin dan mineral, misalnya buah mangga dan sayur sawi.

Nah, demikian langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya jerawat yang kadang membuat gemas sekaligus sebal.